DPW PPNI NTB Gelar Kegiatan Monitoring, Evaluasi, dan Audit Internal di Seluruh DPD PPNI Kabupaten/Kota se-NTB
DPW PPNI NTB Gelar Kegiatan Monitoring, Evaluasi, dan Audit Internal di Seluruh DPD PPNI Kabupaten/Kota se-NTB
Mataram, 5 Juli 2025 — Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Nusa Tenggara Barat melaksanakan kegiatan Monitoring, Evaluasi, dan Audit Internal terhadap Dewan Pengurus Daerah (DPD) PPNI di seluruh kabupaten/kota se-NTB. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 5 Juli 2025 dan mencakup 10 DPD yang tersebar di seluruh wilayah provinsi.
Ketua DPP PPNI, Dr Harif Fadhillah, SKp.,SH.,M.,Kep.,MH, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja tahunan yang bertujuan untuk memastikan transparansi, akuntabilitas, serta peningkatan kualitas tata kelola organisasi di seluruh tingkatan.
“Monitoring dan evaluasi ini bukan sekadar penilaian, tetapi lebih kepada pembinaan dan perbaikan kinerja organisasi agar sejalan dengan visi dan misi PPNI secara nasional,” ujarnya.
Fokus Audit: Administrasi, Keuangan, dan Program Kerja
Dalam kegiatan ini, tim Monev dan Auditor Internal DPP PPNI menelaah sejumlah aspek penting, mulai dari pelaksanaan program kerja, laporan keuangan, hingga kelengkapan administrasi organisasi. Setiap DPD diminta memaparkan capaian kinerja serta kendala yang dihadapi selama satu tahun terakhir.
Kegiatan ini disambut baik oleh Ketua DPW PPNI Provinsi NTB dan Ketua DPD PPNI Kabupaten/ Kota se-NT, seperti disampaikan Ketua DPW PPNI Provinsi NTB, Ns. H. Muhir, yang menyatakan bahwa kegiatan ini memberikan feedback konstruktif untuk memperbaiki sistem pelaporan dan perencanaan ke depan.
“Kami sangat terbantu dengan masukan dari DPP PPNI, terutama dalam hal pelaporan keuangan dan pelaksanaan kegiatan berbasis Rencana Strategis PPNI,” katanya.
Hasil dan Tindak Lanjut
Dari hasil audit awal, sebagian besar DPD telah menjalankan tugas organisasi dengan cukup baik, meskipun masih terdapat beberapa catatan dalam hal penyusunan laporan keuangan dan pengarsipan dokumen administratif. DPW PPNI NTB menargetkan seluruh temuan akan ditindaklanjuti melalui coaching clinic dan bimbingan teknis pada bulan Agustus mendatang.
Kegiatan Monitoring, Evaluasi, dan Audit ini juga menjadi bagian dari upaya DPW PPNI NTB untuk meningkatkan integritas organisasi dan memperkuat peran PPNI sebagai mitra strategis dalam pembangunan kesehatan, khususnya dalam peningkatan mutu pelayanan keperawatan di daerah.